DaisypathAnniversary Years Ticker
Lilypie 6th to 18th PicLilypie 6th to 18th Ticker
Lilypie 3rd Birthday PicLilypie 3rd Birthday Ticker

Senin, Juli 13

yuk ke kebun sayur...

Belum komplit rasanya berkunjung ke Balikpapan, jika tidak menginjakan kaki di Kebun sayur.
banyak orang awam kecele ketika mendengar nama tersebut. "KEBUN SAYUR".
pertama kali mendengarnya, yang terbayang dibenak ibu hanya ada 2 ;
1. sebuah area perkebunan sayuran, atau
2. sebuah pasar yang menjual sayur mayur didalamnya.
tetapi semua bayangan ibu akan sayur mayurnya yang montok2, hiruk pikuk sebuah pasar tradisional, terpupus sudah kala ibu menginjakan kaki di pasar tersebut.


yup, ternyata dihadapan ibu kini sudah berdiri sebuah kompleks pertokoan. terdiri dari puluhan kios kecil semi permanen berderet rapi, bukan sayur mayur yang ibu temui, melainkan ratusan bahkan ribuan bentuk aneka kerajinan tangan cantik terpajang didalamnya.
mulai dari assesoris ; gelang, kalung, bross, ikat pinggang yang terbuat dari batu-batuan khas kalimantan, ada juga batu2 mulia lainnya seperti misalnya berlian, batu akik, batu shafir, batu zamrud, giok, dsb, yang dijual perbutir.




di beberapa toko ada juga yang menjual pernak-pernik khas dayak, mulai dari baju-baju tradisional suku dayak, pedang, tameng, tas manik, dompet manik, tas rajut, sampai puluhan cendramata lainnya seperti misalnya lampit rotan, ukiran dari kayu ulin yang dibentuk gelas, piring, atau perahu2an, batik kalimantan, sarung samarinda dan banyak lagi.
semua benda-benda tersebut terpajang menarik mata siapa saja yang berkunjung kesana.


dikawasan pertokoan itu bisa dijumpai juga warung-warung yang menjajakan makanan khas banjar, dengan aneka seafood yang menggugah selera.


bagi pengunjung yang akan berbelanja, harus pintar-pintar menawar harga. karena pada umumnya para pemilik toko tersebut menawarkan dengan harga selangit, sampai 2 atau 3 x lipatnya pada wisatawan dari harga biasanya.


jadi bagi yang akan memborong oleh2 atau yang akan membeli dengan jumlah yang banyak, triknya bisa dengan mengatakan "barangnya untuk dijual lagi" pada si pemilik toko. dengan begitu biasanya pelayan/pemilik toko akan meberikan diskon lebih besar bagi orang yang akan menjualnya lagi ditempat lain.


atau kita juga bisa merangkainya sendiri gelang dan kalung tersebut, hitung-hitung mengasah kreatifitas dan mengisi waktu senggang.
untuk bahan bakunya bisa kita jumpai ditoko danau (yang terlengkap) dan toko alaska.
mulai dari bahan batu aneka warna dan bentuk, bahan mutiara air tawar, karet elastis untuk gelang, tali kenur untuk kalung, kalung rantai, sekat perak, atau sekat emas sepuhan, aneka bentuk tang, sampai pernak-pernik lainnya yang bisa mempercantik gelang dan kalung kita.
soal harga tentu jauh lebih murah jika kita rangkai sendiri dong.


jadi siap-siap saja merogoh kocek dalam-dalam, karena keindahannya, keunikan, dan ke-eksotikan semua cendra mata disana sanggup membutakan mata pengunjung manapun yang berbelanja disana.
hmmm...sekali-kali nggak apa-apa lah.. hitung2 menyenangkan hati saudara dan teman2 dikampung, ya kan..? :-)






Tidak ada komentar: