Selasa, Desember 7

Selamat Tahun Baru Islam 1432 H


Baca selengkapnya......

Jumat, Oktober 15

pindah rumah (lagi)

yup kami pindah rumah lagi (huffff....)
tau sendiri dong, namanya pindahan itu butuh extra dalam segala hal; ya dana, tenaga, mental, fisik. apalagi pindahnya antar pulau. capeknya minta ampun deh T__T

kali ini abah ditugaskan kerja di Jakarta, sampai saat ini abah tinggalnya di rumah orang tua abah di tangerang. sementara ibu dan anak-anak memilih tinggal di bandung. karena selain mengisi rumah yang sudah ada. juga ibu lebih familiar dengan suasana kota bandung. jadi abah pulang ke bandung setiap jum'at sore dan kembali ke jakarta pada hari minggu malam.

sedih sih,
karena kami harus tinggal berjauhan, tapi mau gimana lagi. Sampai saat ini, ini adalah jalan yang terbaik bagi kami semua.

sebetulnya keinginan pindah ke pulau jawa sudah ada sejak dulu. hanya kesempatannya baru datang kali ini. tujuan utamanya sih ingin lebih mendekatkan diri pada keluarga besar kami yang semuanya tinggal di pulau jawa. khusunya kami ingin dekat dengan kakek neneknya abang dan adek yang sudah sangat tua. apalagi kakek neneknya dari fihak abah sering sekali sakit. Mungkin karena faktor umur yang mulai uzur.

mudah-mudahan jalan yang telah kami pilih ini di ridhai allah.
go somantries go!!!

Baca selengkapnya......

Selasa, Maret 30

abang di sunat..

akhirnya keputusan ini diambil juga oleh kami. yup.. abang fathir di sunat!.
sebetulnya berat bagi abah dan ibu untuk memutuskan hal ini, apalagi umur abang fathir baru saja menginjak 8 tahun. ditambah selama ini abang masih sangat manja, lututnya lecet dikit saja jalannya langsung pincang kayak yang habis dioperasi saja ^__^! , tapi mengingat pipisnya yang sempat berdarah hingga 2 kali, dokter sempat menyarankan agar abang segera disunat.



untung saja abang mendapat libur kurang lebih 4 hari, karena sekolahnya memfokuskan pada persiapan ujian nasional bagi anak smp istiqomah -sekolahnya abang sekarang-.
jadi hari senin, 29 maret kemarin, abang menjalani operasi sunat di rs. balikpapan husada balikpapan.

tadinya kami fikir, salah satu dari kami bisa ikut masuk kedalam kamar operasi. tetapi rupanya tidak. abang saja yang diperbolehkan masuk keruang operasi. ibu dan abah hanya diperbolehkan menunggu diruang tunggu.
sedih juga sih.., soalnya abah dan ibu tidak bisa memberi dukungan secara langsung pada abang disaat hari terpenting dalam hidupnya itu. tapi mau gimana lagi, peraturannya telah dibuat seperti itu.
untung saja, kami masih bisa menitipkan kamera pada salah satu perawat disana. untuk sekedar dokumentasi abang saat disunat.

abang masuk kedalam ruang operasi ditemani seorang suster yang sangat ramah tanpa banyak bicara. 30 menit lamanya operasi sunat itu berjalan. ibu dan abah hanya bisa bedoa dan berharap didepan pintu ruang operasi.

akhirnya operasi itu selesai juga. kami diperbolehkan menemui abang diruang pemulihan sementara. abang terlihat sedikit pucat. sesekali abang meringis kecil. setelah diberi resep obat, abah langsung membayar biaya operasi dan menebus beberapa obat. setelah itu kami langsung pulang.

sesampainya dirumah, abang langsung tiduran. karena disuruh dokternya untuk banyak beristirahat. tapi namanya juga bang fathir, susah banget disuruh diam, jadinya sampai sekarang (hari kedua) luka bekas operasinya masih basah dan mengeluarkan sedikit darah fhhhh... :-(

hmm...ada yang tahu nggak cara mengeringkan bekas operasi sunat dengan cepat..????


(foto2 nya nyusul deh... )







Baca selengkapnya......

Senin, Maret 1

canopy bridge (bukit bangkirai kaltim)



ada objek wisata alam lainnya di kalimantan timur. letaknya tidak begitu jauh dari balikpapan. berada di wilayah bukit bangkirai, kecamatan samboja, arah sebelum menuju samarinda.
yaitu wisata hutan lindung bukit bangkirai dengan canopy bridge nya yang terkenal.

konon katanya canopy bridge ini khusus dipesan dari amerika. pertama di indonesia, kedua di Asia dan ke 8 di dunia. keren kan..?
menurut pemandu wisatanya, canopy bridge ini awalnya dibangun untuk meneliti satwa burung, untuk penelitian kehutanan dan juga untuk melihat titik api pada saat kebakaran hutan.



karena penasaran ingin mencoba menaiki canopy bridge dan melihat keindahan hutan dari puncak pohon, akhirnya pada hari sabtu lalu kami berangkat beriring-iringan bersama keluarga mb nur fawzi dan keluarga mb yuni purwanto.

jarak tempuh menuju bukit bangkirai sebetulnya tidak terlalu jauh. mungkin kurang lebih 1-2 jam saja.

lucunya.. sebelum mencapai tempat tujuan, kami harus memasuki kawasan pertambangan batubara terlebih dahulu. jadi kami sempat diintrogasi oleh satpam penjaga disana.
koq bisa-bisanya ada perusahaan penambangan batubara disekitar wilayah hutan lindung ???. karena bagaimanapun.. kegiatan penambangan disana sedikitnya akan mencemari/merusak ekosistem hutan sekitarnya.


semakin mendekati arah tujuan, jalan yang kami lalui semakin jelek. hanya berupa tanah dan batuan kerikil saja, juga pepohonan beraneka ragam dan jenis. tidak ada rumah penduduk.
andai saja pemda daerah atau perusahaan tambang batu bara disekitar wilayah hutan suaka tersebut mau membangunkan jalan yang lebih layak, tentunya perjalanan akan semakin mudah dan cepat.



sampai ditujuan, kami langsung beristirahat sejenak, sekaligus bersiap-siap untuk memulai petualangan pagi itu.
dilokasi wisata rupanya sudah tersedia rumah makan, juga cottage untuk disewa pengunjung. harganya bervariasi. 1 cottage dengan 2 kamar tidur (kt) dihargai kurang lebih sekitar Rp. 400ribu-an, dengan fasilitas listrik, ac, air panas, dan tv didalamnya. untuk cottage yang lebih besar (berisi 5 kt)harganya lebih mahal, tapi masih tetap terjangkau jika dibandingkan hotel atau cottage ditempat wisata lainnya.

setelah melepaskan penat, kami langsung menuju kawasan hutan.
Kawasan Bukit Bangkirai mempunyai luasnya sekitar 1.500 hektare. merupakan kawasan hutan konservasi yang mempunyai peran penting dalam mengembangkan monumen hutan alam tropika basah yang dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan lingkungan dan kehutanan.



dinamakan bukit bangkirai karena dialamnya didominasi oleh pohon bangkirai. banyak diantaranya sudah mencapai umur lebih dari 150 tahun dengan ketinggian mencapai 40 hingga 50 m, dengan diameter 2,3 m. Pertumbuhan banir (akar papan) yang besar dan kuat menjadikan pohon ini memiliki nilai keindahan tersendiri.
selain pohon bangkirai tumbuh pula ratusan jenis pohon lainnya, mulai dari jenis anggrek hutan (45 jenis), pohon ulin dan banyak lagi.

selain itu hidup pula ratusan aneka satwa didalamnya, mulai dari serangga, aneka jenis monyet dan burung, juga rusa hutan. jadi jangan heran saat memasuki kawasan hutan kita akan mendengar hingar bingarnya suara serangga dan binatang lainnya.

udaranya sangat sejuk dan terasa lembab, cahaya matahari hanya sedikit yang terlihat. karena tertutup oleh ratusan pohon raksasa yang ada dihutan tersebut.


kurang lebih setengah jam lamanya kami mendaki hutan, mengikuti jalan setapak yang dibuat bersiring-siring, sedikit becek dan licin. akhirnya sampai juga kami ketempat tujuan, canopy bridge-nya yang terkenal itu.

kami sampai harus mendongakan kepala ketas, karena bangunan tersebut terlihat menjulang tinggi kelangit. tingginya sekitar 30 meter dari atas permukaan tanah. terbuat dari kayu ulin dengan jembatan ayun yang menghubungkan tiap canopy tersebut. kontruksi nya dirancang untuk 15 - 20 tahun. dan bisa menahan beban seberat maximal 1 ton.




jadi bagi yang bertubuh besar nggak usah khawatir.. insyaAllah aman.. dan diperbolehkan melewati jembatan ayun tersebut itu koq hehe..
hanya tetap saja, bagi yang tidak terbiasa ditempat ketinggian, naik dan melewati jembatan ayun canopy bridge tersebut merupakan suatu hal yang sangat menakutkan dan mendebarkan. apalagi saat angin bertiup kencang, uhhh...lebih seram dibanding nonton film horror deh ^__^

tapi ada hal lain yang kita bisa dapatkan dipuncak sana. kita bisa melihat pemandangan alam hutan yang menakjubkan, dengan lautan pohon terlihat sejauh kita memandang, dan semilir angin yang menyejukan.

jadi, berani menerima tantangan..???
kalau iya.. datang saja ke wisata alam bukit bangkirai. dan nikmati pesona hutan tropisnya dari atas puncak pohon.







Baca selengkapnya......

Kamis, Februari 25

abang b'day

Tanggal 25 februari kemarin abang fathir berulang tahun. kali ini ulang tahunnya tidak dirayakan seperti biasanya (karena permintaan abang fathir sendiri). jadi ibu hanya membuatkan kue ulang tahun saja untuk abang.



kuenyapun sederhana saja, terbuat dari brownis coklat lapis keju dengan toping whipping cream diatasnya. tapi soal rasa nggak kalah dengan cake bikinan hotel bintang 5 dong... uenak tenannnn *narsis.com* ^___^!



temennya abang yang diundangpun seadanya saja. cuman beberapa anak tetangga yang sedang bermain-main didepan rumah saat itu.




karena tidak ada rencana untuk dirayakan, jadi ibu hanya menjamu para tamu kecil -temennya abang dan adek- itu dengan kue ulang tahun dan sirup leci yang ada dirumah.
acaranyapun hanya sebentar saja, tidak lebih dari 1 jam.
tapi abang -terutama adek- terlihat antusias saat meniup lilin ulang tahunnya. raut wajah mereka terlihat berbinar ketika lilin ulang tahun tersebut berhasil dipadamkan.
begitupun anak-anak yang ada diruangan itu, ikut tertawa-tawa saat melihat adek yang terlihat kesulitan meniup lilin ulang tahunnya abang.

sungguh.., pemandangan yang menakjubkan bagi ibu yang melihatnya. hanya dengan sebatang lilin saja sudah bisa membuat wajah anak-anak itu berseri-seri.
jadi..., ibu tidak mengerti, kenapa acara tiup lilin itu tidak diperbolehkan..? apa yang salah dari moment itu..? tho ibu hanya melihat ekspresi kegembiraan saja saat itu, tidak lebih.


sorenya setelah acara tiup lilin bersama anak tetangga sekitar, kami semua langsung berangkat menuju hotel novotel balikpapan untuk menginap. biarpun hanya semalam.. tapi lumayan deh untuk seru-seruan bareng disana. lucu juga sih... kayaknya kami cuman pindah tidur aja disana... soalnya letak novotel tidak jauh dari rumah hehe..

tapi abang dan adek senang banget kalau diajak nginep disana, soalnya mereka bisa berenang di kolam renang dan di bathtub sepuasnya.







Baca selengkapnya......

Senin, Februari 22

borneo international kite festival




yayyyy....ada festival layang-layang international di pantai manggar balikpapan.
acara ini berlangsung mulai hari jumat 19 feb - 21 februari 2010.

festival layang-layang ini mempunyai tujuan memecahkan rekor dunia yang dipegang negara israel, rencananya festival ini akan menerbangkan kurang lebih 6000 layang-layang di langit pantai manggar.

beragam layang2 berbagai warna dan bentuk menghiasi langit pantai manggar. mulai dari yang berukuran kecil sampai layangan 3 dimensi yang berukuran raksasa. semuanya terlihat cantik, berkibar dilangit yang biru jernih.
teriknya matahari tidak membuat ribuan para penonton berkeluh kesah. mereka tetap setia menonton keindahan layang2 itu seharian.




begitupun abang dan adek, mereka bertahan bermain layangan di pantai yang sinar mataharinya sangat menyengat kulit.
biarpun banjir keringat, abang dan adek sangat menikmati acara tersebut. abah dan ibu yang terlihat kelelahanpun akhirnya tetap bertahan demi menemani abang dan adek yang sangat betah dipantai.



para pesertanya berasal dari dalam negeri dan juga mancanegara. layang2 yang dibawapun beragam bentuk, warna, dan ukuran. semuanya menarik mata untuk dipandang.

sayangnya kebiasaan rakyat indonesia yang suka ngaret, menyebabkan pemecahan rekor dunia ini tidak tercapai.
para peserta dari indonesia banyak yang datang tidak tepat waktu.



padahal acara ini telah melibatkan ribuan anak sekolah mulai dari sd sampai sma yang berdatangan memenuhi pantai manggar dengan layang2 berwarna putih yang telah disiapkan panitia.



karena cuaca yang sangat panas dan acara pembukaan yang super duper telat, menyebabkan banyak anak2 sekolah itu yang memilih pulang lebih awal.



tapi biarpun tidak tercapainya pemecahan rekor dunia. semua orang terlihat gembira dan menikmati acara tersebut. khususnya abang dan adek yang semangat sekali menerbangkan layang2nya.



sekarang layang-layang oleh2 dari festival itu tergantung diatas tempat tidurnya abang dan adek. "nanti sore layang-layangnya kita terbangkan diatas gunung ya bu..." pinta adek sambil tak henti-hentinya menatap kagum kearah layangannya yang tergantung manis didinding kamar tidurnya. ^__^








Baca selengkapnya......

Jumat, Februari 5

"bu, .. pipis abang berdarah..!".

"buuu, pipis abang berdarah..!", teriak bang fathir dari dalam kamar mandi. sontak ibu langsung berlari menuju kearah kamar mandi. benar saja, air kloset kamar mandi terlihat semerah darah, percikan darah segar lainnya tersebar disekeliling kolset dan lantai. hati ibu terkulai lemas...

saat itu juga abang fathir dibawa ke emergency rs balikpapan husada. hari itu malam senin, sekitar jam 7.30an. abang langsung mendapat perawatan medis dari perawat dan dokter yang jaga di ruang gawat darurat rs balikpapan husada.



abang fathir dianjurkan melakukan tes urin saat itu juga, untuk melihat berbagai kemungkinan yang terkandung dalam urinnya tersebut. lagi2 abang mengeluarkan darah segar dalam pipisnya. tapi reaksi abang tetap tidak berubah, dia masih ketawa-ketawa cengengesan sambil sesekali bertanya "bu.. abang nggak mau disuntikkkk..abang takuutt.." sahutnya berkali-kali. ibu tidak bisa berkata apapun, hati dan fikiran ibu masih diliputi beribu pertanyaan dan rasa cemas yang menyesakan dada.

kurang lebih setengah jam lamanya abah, ibu, abang dan adek menunggu didepan ruang laboratorium. rentang waktu yang terasa sangat lama bagi abah dan ibu. abang mulai terlihat sedikit lemas, dia tergolek dikursi penunggu sambil sesekali menggumam "abang takut.." sahutnya perlahan. abah terus membelai kepala abang yang bersender diatas pangkuannya, menjawab pertanyaan-pertanyaan bang fathir dengan raut wajah yang terlihat dipaksakan. sementara ibu tidak kuasa menahan tetesan air mata yang tidak henti-hentinya memenuhi ruang kelopak mata ibu. ibu lalu berjalan berputar-putar dikoridor rumah sakit untuk menghindar tatapan bang fathir dan juga abah, berusaha menenangkan diri dan berdoa bahwa semuanya akan berakhir dengan baik.

akhirnya hasil tes urin itupun siap. dokter jaga membacakan hasilnya didepan abah dan ibu. sementara abang dan adek terlihat asyik bermain berdua. dokter jaga itu mengatakan bahwa hasil dari tes urin tersebut menyatakan bahwa urin abang positip protein. angkanya menunjukan 250. lalu dokter itu menjelaskan berbagai kemungkinan yang bisa menyebabkan urin terdeteksi mengandung protein. salah satunya yaitu gagal ginjal yang membuat hati abah dan ibu bertambah lemas. tapi untuk lebih memastikannya dokter menganjurkan untuk melakukan tes lain dengan dokter spesial ginjal besok harinya. dan menyarankan agar abang untuk banyak beristirahat dulu dirumah. saat itu abang hanya diberikan obat antibiotik claneksi oleh dokter jaga tersebut. akhirnya kamipun pulang.

sesampainya dirumah abang langsung ibu beri obat antibiotik. malam itu abang kembali pipis berdarah, ruang kamar mandi sampai tercium sedikit bau amis. dalam hati ibu hanya menjerit "ya Allah... tolonglah anaku..". badan ibu sedikit bergetar, tanpa sadar ibu langsung keluar kamar mandi -memanggil abah untuk menggantikan posisi ibu menyirami ceceran darah dilantai dan kloset kamar mandi. ibu tidak sanggup melihatnya. ibu langsung masuk kamar dan menangis perlahan.

karena hari sudah larut malam dan juga karena kecapean, abang dan adek langsung tertidur pulas.

besok harinya, saat bangun pagi abang langsung masuk kamar mandi. pipisnya tetap berwarna darah. dan itu ke-4 kalinya -sejak semalam- pipis abang berdarah.

sekitar jam 9 pagi, kami sudah berada lagi di rs balikpapan husada, untuk bertemu dengan dokter spesialis ginjal disana. dokter tersebut langsung memeriksa seluruh badan bang fathir setelah selesai membaca hasil tes semalam. kemudian dokter tersebut menyarankan agar abang dirontgen, untuk melihat kemungkinan batu yang terkandung dalam kantong kemih abang.

kurang lebih 1/2 jam kemudian foto rontgen tersebut selesai, kami langsung masuk kembali keruang dokter tsb. dokter lalu memeriksa dan mengatakan bahwa semuanya baik2 aja. lalu dokter mengemukakan diagnosa awal penyakit abang tersebut dikaitkan dengan bukti secara fisik. abang didiagnosa ginjalnya terkena virus bukan gagal ginjal seperti perkiraan awalnya. karena melihat tanda2 fisik abang yang terlihat segar bugar, dan ceria. untuk lebih memastikannya abang diharuskan menjalani tes urin lagi 3 hari kemudian. sementara itu abang diberi suplemen untuk meningkatkan daya tubuh. abah dan ibu terlihat sedikit lega.

setelah 4 x pipis berdarah, pipis abang mulai terlihat mengalami perubahan, warna darahnya semakin memudar dan akhirnya sama sekali tidak terlihat. pipis abang kembali terlihat normal -bening. ibu dan abah sangat besyukur jadinya.

3 hari kemudian. kami kembali mengunjungi dokter yang sama, untuk melakukan tes urin-nya abang. dan hasilnya sangat memuaskan/melegakan kami semua. urin abang negatif protein.
(Alhamdulillah hirabbil alamin... puji syukur kehadiratmu ya Allah.. atas dikabulkannya doa-doa kami semua)


catatan penting :

seminggu sebelum kejadian pipis berdarah ini abang terkena batuk pilek. secara fisik abang tidak terlihat parah, jadi ibu tidak memberikan obat2an flu pd abang. tetapi dokter spesialis ginjal menduga bahwa virus tersebut telah menyerang fungsi ginjal abang untuk beberapa saat lamanya. karena beliau tidak melihat adanya batu ataupun pembengkakan pd tubuh abang seperti yang dialami oleh penderita nefrotic syndrom atau gagal ginjal lainnya.

jadi jika tiba2 anak anda pipis berdarah tanpa sebab, tanpa rasa sakit, tanpa disertai perubahan fisik yang mencolok, tidak usah panik dan cemas yang berlebihan. mudah2an bahwa pipisnya tersebut hanya sementara saja. oleh karena itu tetap berikan anak anda makanan dan minuman yang menyehatkan, suplemen peningkat daya tahan tubuh anak, banyak beristirahat agar daya tahan tubuh anak cepat meningkat/pulih. tapi tetap untuk lebih meyakinkannya segera bawa anak anda ke rs terdekat.
















Baca selengkapnya......

Rabu, Februari 3

owh.. petirrrr..!!!

ibu nggak suka sama petir.. karena bisa bikin seisi rumah jantungan dengarnya.
ibu sebal sama petir.. karena bisa bikin semua aktifitas dirumah berhenti karenanya.
ibu benciii sama petir... karena gara-gara petir ; tv, stereo, dvd, layar monitor komputer, telepon juga pematik kompor standing di rumah terbakar dan ga bisa dipake lagi.. :(((

jadi kenapa harus menyukai petir lha wong sampe detik ini ibu ga punya alasan untuk menyukainya..!!!




Baca selengkapnya......

Selasa, Januari 12

pesona loksado (kalimantan selatan)



liburan sekolah diawal tahun tentunya harus diisi sesuatu yang menyenangkan, sesuatu yang beda dari biasanya.
kali ini abah mengajak kami berlibur ke Loksado.

ntah dari mana abah tiba2 saja mendapat informasi tentang objek wisata loksado. mendengarnya saja sudah terbayangkan sebuah tempat yang terpencil, eksotik, tapi cantik, mungkin mirip2 seperti di pandora (film avatar) yang pernah ibu lihat di XXI, hayal ibu.



berbekal kata itu, ibu googling di internet, mencoba mengintip loksado secara utuh. dari beberapa foto yang terselip di website yang semuanya hampir berbahasa asing, ibu melihat keindahan loksado yang mengasyikan, yang tidak pernah terbayangkan/terlihat sebelumnya. tentu saja ibu jadi sangat tidak sabaran untuk segera berlibur kesana :-)


tanggal 1 januari, jam 6 pagi. rombongan kami terdiri dari 3 keluarga, beriring-iringan menuju suatu tempat nun jauh disana, loksado.
untuk mencapai kesana, kami harus menyebrang teluk balikpapan dengan menggunakan kapal fery. untung saja, karena hari masih pagi dan mungkin juga karena masih dalam suasana tahun baru-an, jalananpun terlihat cukup lengang, dan tanpa menunggu antrian lama di pelabuhan kariangau, kamipun langsung berlayar.





langit sangat bersih dengan degradasi warna yang indah. udara pagi masih berhembus sejuk, meniup sepoi-sepoi para penumpang fery yang asyik menikmati hiburan dvd dalam kapal tersebut. air laut berkilauan memantul-mantulkankan cahaya matahari pagi yang keemasan. ibu, abang, adek, abah, dan rombongan lainnya terlihat menikmati perjalanan pagi itu.




kurang lebih 1 jam, fery yang kami tumpangi merapat. kamipun langsung menyusuri sepanjang jalan provinsi kaltim - kalsel. membelah daratan kalimantan yang menakjubkan, berhiaskan gunung2 dikelilingi perbukitan hutan hujan hijau nan subur.
disepanjang perjalanan kami menemukan banyak penjual buah2an, diantaranya buah khas kalimantan.



selain buah durian yang banyak dijumpai, ada pula 3 sejenis buah durian lainnya. bentuknya mirip durian, tapi kulit dan daging buahnya berwarna kuning terang, rasanyapun manis tetapi tidak setajam durian, namanya buah lai.
ada juga yang berwarna merah terang, dengan duri tipis, panjang, tapi tajam, isinya berwarna kuning rasanya manis mirip buah lai, namanya yaitu buah layung.
yang satu lagi bentuknya mirip sekali durian, hanya saja warnanya hijau muda cerah, daging buah berwarna kuning, rasanya manis masih seperti buah lai, tapi lupa namanya.




selain buah2an asli diatas, masih banyak juga buah2an lainnya yang dijajakan hampir disepanjang jalan. seperti sawo, langsat (semacam duku tapi rasanya asam manis), manggis, nanas, pepaya, pisang dan banyak lagi. jadi nggak heran kalau perjalanan kami jauh lebih lama dari seharusnya, karena beberapa kali mampir dulu dibeberapa saung tempat para penjual buah tersebut untuk sekedar mencicipi sekaligus melepaskan penat selama perjalanan.

loksado berada diwilayah kalimantan selatan, arah sebelum mencapai banjarmasin, kurang lebih disekitar kandangan ada papan penunjuk arah yang bertuliskan LOKSADO (belok kiri). dari papan penunjuk jalan tersebut kita masih terus melanjutkan perjalanan sekitar 30 km-an lagi menuju daerah pegunungan. semakin mendekati arah tujuan semakin jarang rumah penduduk, yang terlihat hanya perbukitan dan hutan dengan pohonnya yang yang beraneka ragam jenis.





kami menginap di amandit lodge, pemondokan murah meriah ala backpacker. konon katanya pondok tersebut dulunya selalu dipenuhi oleh turis manca negara yang menyukai keindahan alam kalimantan, tetapi semenjak tragedi bom bali pondok itu jadi sepi pengunjung. satu kamar dikenai harga 200rb/malam. tanpa sarapan, tanpa air panas, dan jauh dari mana-mana. tetapi pemandangan alam sekitarnya luar biasa indah, uadaranya sangat sejuk, berlatar belakang pegunungan batu dan sungai jernih yang mengalir deras.. masyaAllah.. indah banget deh pokoknya.. :-)



sampai di amandit lodge hari sudah menjelang maghrib, kamipun langsung memasuki kamar yang telah kami pesan dulu beberapa hari sebelumnya. namanya juga pemondokan ala backpaker jadi fasilitas yang kami terimapun seadanya saja. untung saja kami telah membawa bahan makanan dari rumah.





jadi sesampainya disana, kami langsung membongkar bahan2 makanan dan memasaknya dengan kompor portable yang kami bawa. abang fathir, adek dan teman-teman main lainnyapun terlihat menikmati acara masak memasak, mereka berebutan menggoreng nugget yang kami bawa. sambil kejar-kejaran dilantai rumah yang beralas kayu ulin.




udaranya yang sejuk ditambah perut yang melilit keroncongan setelah perjalanan yang melelahkan, masakan yang biasapun jadinya terasa sangat nikmat. ibu jadi teringat saat kemping dulu. hhmm... seru..!!





besok harinya, sekitar jam 8.30 pagi (telat 1 jam dari perjanjian) kami langsung menuju arah hulu sungai, dari amandit lodge perjalanannya mungkin sekitar 20 menitan lagi kearah pegunungan. sampai ditempat, ternyata banyak penduduk yang tinggal disekitar hulu sungai itu. bahkan tersedia lahan parkir yang cukup luas.

kami bertemu dengan pak amat pemilik rakit bambu yang telah kami kontak beberapa hari sebelumnya. harga sewanya dikenai rp.300rb/rakit bambu, dengan kapasitas penumpang max 4 orang (2 dewasa, 2 anak). tiap rakit tersebut dikemudikan oleh seorang joki.

dengan hati berdebar, antara excited banget, tapi juga khawatir, sekaligus takut, kamipun menaiki rakit-rakit tersebut. dan..., petualangan itupun dimulai..!!








airnya sangat sejuk -sedikit dingin- juga jernih, dasar sungainya yang berbatu terlihat jelas dari rakit kami, kadang kami melewati beberapa jeram yang mengasyikan sekaligus mendebarkan, kadang juga alur airnya sangat tenang. semilir angin pagi yang segar dan hangatnya sinar matahari yang menerobos sela-sela rimbunnya hutan menambah kesempurnaan petualangan kami pagi itu.





sepanjang perjalanan hanya hutan yang kami lihat, kadang ladang dan beberapa rumah penduduk pribumi (dayak). karena masih pagi jadi kami bisa melihat aktifitas mereka disungai, ada yang mencuci, mandi, atau cuman sekedar bermain-main air. sangat menyenangkan!











ditengah perjalanan, rakitnya keluarga mb nur (teman kami) tersangkut ditengah derasnya jeram. rakitnya jadi terlihat miring. tentu saja penumpang rakit tersebut (mayoritas perempuan) langsung pada histeris. ibu saja yang melihatnya langsung ikut-ikutan deg-degan apalagi penumpangnya ya..? hehe..








kurang lebih 3 jam kami mengarungi derasnya jeram sungai loksado. sebuah pengalaman baru bagi kami. pengalaman yang tidak bisa dilukiskan dengan kata2, tidak bisa ditukar dengan harga manapun. suatu hal yang menyenangkan -sangat menyenangkan-, hingga kami berharap, suatu saat bisa kembali lagi ke loksado, untuk kembali menikmati pesona jeram sungai loksado.




hanya ada satu kata yang tersimpan dalam hati kami sekarang "Loksado, we love U.. so much!!"








***Tamat***

nb : sebetulnya ibu ragu harus posting loksado, karena secara tidak langsung hal ini bisa mempublikasikan pesona sungai loksado pada orang banyak. bagaimanapun keberadaan wisatawaan bisa merusak keasrian alam disana.

jadi bagi yang berminat pergi ke loksado, dan rafting disana, TOLONG JANGAN MENYAMPAH!!! boleh saja membawa bekal makanan, tapi sisa makanan/sampahnya harus dikumuplkan didalam tas, jangan dibuang diarus sungai itu ya..!
pesona loksado adalah anugrah, jadi jangan sia-siakan itu. kalo bukan kita, siapa lagi yang akan menjaganya..??





Baca selengkapnya......

Senin, Januari 11

posting pertama diawal tahun

huff... dah tahun baru lagi.., ga kerasa.. tau-tau dah taun 2010. kombinasi angka yang keren -menurutku-.
dulu saya membayangkan ditahun 2010 kehidupan bak di film star trek, orang banyak hilir mudik keluar angkasa, mobil/ kendaraan semuanya pada melayang, banyak robot bersiliweran, dan banyak lagi.. tapi ternyata sampai detik ini semuanya masih terlihat biasa saja -seperti tahun2 sebelumnya- atau... apa sayanya saja yang ga tau ya..? heehe..


hidup diluar pulau jawa memang cendrung datar2 aja, semuanya terlihat hampir selalu sama dari tahun ke tahun ; hutan, belukar, padang ilalang, jalanan provinsi yang kecil dan berlubang, gubuk kayu yang reyot, dan banyak hal lainnya yang hanya bisa dilihat didaerah diluar jawa.
ada sih gedung bertingkat yg besar dab megah juga, tetapi hanya mendominasi wajah ibukotanya saja.
jadi, lupakan saja star trek atau... tahun 1980-nya di negara maju deh...hehe

sepertinya terlihatannya menyedihkan, tapi... mungkin nggak juga, ada beberapa hal yang menarik yang mungkin tidak bisa ditemukan ditempat-tempat yang saya anggap daerah canggih/modern tersebut.
yup, tentu saja nilai ketidak canggihannya/ ke kampungannya itu yang berharga disini.
alamnya yang masih asli, orang-orang kampung nan eksotik-nya yang ramah dan bersahaja, dan banyak deh..

jadi tinggal ditempat yang cendrung tidak mengalami banyak perubahan ternyata tidak buruk juga. hmmm...mungkin masih jauh lebih menyenangkan hidup di zaman ini dibanding hidup dizaman star trek nanti kayaknya ya...?? ;-)

(posting ga penting.. tp biarin ah... yang penting posting) ^__^!




Baca selengkapnya......