DaisypathAnniversary Years Ticker
Lilypie 6th to 18th PicLilypie 6th to 18th Ticker
Lilypie 3rd Birthday PicLilypie 3rd Birthday Ticker

Rabu, Agustus 27

Prolog Ramadhan

Beberapa hari lagi umat Islam akan memasuki bulan Ramadhan, bulan yang suci dan penuh barokah. Setiap muslimim dan muslimat tentunya akan berlomba mencari kebaikan dibulan yang penuh rahmat itu. Begitupun dengan keluarga
somantri, berharap tahun ini bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusu dan benar. Untuk puasa kali ini, ibu ingin abang fathir mulai mengikuti semua aktifitas ibadah ramadhan. Walaupun masih dalam tahap belajar



Untuk mengenalkan kembali, ibu sudah mulai bercerita tentang semua hal yang berkaitan dengan puasa, bagaimana cara pelaksanaannya, apa yang boleh dilakukan,apa yang tidak boleh dilakukan.

***

"eh bang, sebentar lagi kita akan berpuasa lho..." sahut ibu memulai pembicaraan. "puasaaa...??", "ga boleh makan kan..?" tanya bang fathir. "iya, nggak boleh makan, ga boleh minum, ga boleh marah-marah, mulai dari shubuh sampe sore, kalau untuk anak-anak yang masih belajar boleh puasanya sampai jam 12 siang saja, tapi nanti dilanjutkan lagi puasanya sampai sore..."."puasa ini untuk melatih biar kita jadi orang yang sabar" lanjut ibu lagi.
"kalau nggak makan dan minum siang malam siang malam dan seterusnya boleh ga...?" celetuk abang memotong pembicaraan ibu. "ya nggak boleh dong, nanti bisa meninggal orang yang nggak makan dan minum dalam waktu yang lama, seperti pohon kalau tidak pernah diberi air pasti lama kelamaan pohon itu akan kering lalu mati..", jawab ibu.
"erm... kalau marah-marahnya dikiiiiiiitt gimana bu..?" tanya bang fathir lagi. "mau marahnya dikit apalagi marahnya banyak banget.. tetap... tidak boleh, nanti puasanya batal, jadi nanti pahalanya puasanya hilang..", "kalau ngupil batal ga..." tanya abang sambil cengar cengir. "nggak batal, tapi kalau upilnya di emam baru batal..." jawab ibu sambil cengar cengir juga. Abang fathir tertawa tergelak-gelak.


Setiap ada kesempatan ibu selalu mengulang bahasan tentang puasa itu, ntah sambil nonton tv atau sambil nemenin menggambar, dan waktu senggang lainnya. Kadang ibu menceritakannya melalui dongeng sebelum tidur, tentang anak yang suka berpuasa.


Sampai sejauh ini abang cukup tertarik untuk mengikutinya. Bahkan beberapa hari terakhir ini abang suka menghitung mundur bulan ramadhan tiba.

Mudah-mudahan tahun ini, keluarga somantri bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan khidmat, khususnya untuk abang fathir yang baru akan mulai belajar berpuasa



Kami, seluruh anggota Keluarga Somantri, mengucapkan :
Selamat Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Ramdahan, Semoga kita mendapat rahmat dan kasih sayang Alloh yang tiada kira..

Mohon maaf lahir dan bathin...

Taqqobalahu Minna Waminkum, Taqoballahu Ya Karim,
Marhaban Ya Ramadhan
Allaahumma baariklanaa fi Sya’ban wa ballighnaa Ramadhan
Amin.



Tidak ada komentar: