DaisypathAnniversary Years Ticker
Lilypie 6th to 18th PicLilypie 6th to 18th Ticker
Lilypie 3rd Birthday PicLilypie 3rd Birthday Ticker

Jumat, Agustus 22

Jalan-jalan ke penangkaran beruang madu Sungai Wain



Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di Balikpapan, selain pantainya yang indah. Salah satunya adalah penangkaran beruang madu Sungai Wain. Disana kita bisa melihat tingkah laku binatang beruang madu yang sudah sangat langka, selain udaranya yang sejuk dan alamnya yang masih asri begitu mempesona, juga jaraknya yang tidak begitu jauh menjadikan tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi keluarga somantri disaat libur.






Beruang madu adalah satwa asli balikpapan. Sifatnya yang mandiri, cerdas dan pantang mundur, serta penampilannya yang kekar, bersih, cantik, kuat serta lincah, menjadikan binatang ini dijadikan sebagai maskot kota Balikpapan. Populasinya yang terus menurun membuat beruang madu dilindungi oleh pemerintah maupun oleh persatuan konservasi dunia. Di penangkaran inilah, beruang madu dilindungi dan diteliti, ada kurang lebih 9 ekor beruang madu yang menempati area itu, semua beruang ini didapat dari hasil sita dari masyarakat. Setiap beruang mempunyai sejarahnya masing-masing, ada yang matanya buta sebelah, ada juga yang kukunya dan gigi taringnya habis dicabuti, ada juga yang mempunyai bekas luka disekeliling perutnya, dsb.




Jika ingin menyaksikan secara langsung, datang saja sekitar jam 9 pagi atau jam 3 sore, karena saat itu para beruang sedang diberi makan oleh pengelola. Tapi pengunjung tidak boleh ribut ya, karena beruang ini merupakan hewan yang pemalu. Mereka sebisa mungkin menghindar dari konflik, tetapi jika nyawanya terancam beruang madu tidak segan-segan maju melawan musuhnya. Jadi anggapan beruang madu adalah hewan yang buas adalah tidak benar. Mereka akan buas jika ada bahaya yang mengancam dirinya saja. Selain itu pengunjungpun dilarang keras memberi makanan secara langsung kepada para beruang itu. Jika ada yang ingin memberinya, maka makanan itu harus dititipkan pada relawan pengelola. Beruang madu sangat menyukai buah-buahan yang rasanya manis, mereka juga menyukai madu. Sekali makan, mereka diberi buah-buahan kurang lebih 5 kg yang disebar diseluruh kawasan perlindungan. Daya penciumannya yang tajam membuat beruang madu ini bisa mengetahui letak makanan itu, bahkan yang tersembunyi didalam tanah sekalipun.




Berlibur ke penangkaran beruang madu sungai wain sangat menyenangkan, keindahan alamnya, semilir angin yang berhembus sejuk, lingkungannya yang tenang, juga beruang madu-nya yang lucu nan menggemaskan. Sekali-kali jika ada kesempatan mainlah kesana, pasti kita akan sangat bersyukur karena masih diberikan kesempatan untuk bisa mengenal mereka secara lebih dekat.






(duh maaf ya, foto beruang madunya malah ga ada hehe....)

Tidak ada komentar: